narsisnya....

narsisnya....

Sabtu, 19 November 2011


 WHAT IS BIOINFORMATIKA????????

Bioinformatika yakni imu terapan yang lahir dari perkembangan teknologi informasi di bidang molekular. Bermacam database telah dibuat dan banyak perangkat lunak telah diciptakan. Aplikasi TI dalam bidang biologi/life sciences telah melahirkan bidang Bioinformatika yang dapat diterapkan di bidang perikanan misalnya.
Bioteknologi yang bisa dikategorikan sangat maju adalah rekayasa genetika. Budidaya perairan itu sendiri memegang peranan penting untuk mensuplai kebutuhan pangan dimasa depan khususnya di dunia perikanan. Perkembangan produksi budidaya perikanan sangat pesat dibanding sektor lainnya. Rekayasa genetika pada ikan sangat diperlukan karena rekayasa genetik merupakan alternatif pengembangan budidaya perikanan masa depan. Penggunaan makanan pakan untuk ikan hasil rekayasa genetika  ikan lebih efisien dibanding ikan alami. Ikan hasil rekayasa tumbuh dua kali lebih cepat dan mengkonversi pakan menjadi massa tubuh 10% hingga 30% lebih efisien daripada ikan alami.
Bioinformatika beberapa tahun belakangan ini mulai banyak dibicarakan khususnya dikalangan peneliti dan akademi. Bioinformatika berarti bio dan informatika yang merupakan gabungan antara ilmu biologi dan teknik informatika (TI). Defenisi bioinformatika secara umum dapat diartikan sebagai aplikasi komputasi dan analisa biologi sehingga dapat diinterprestasikan data-data berdasarkan teknik informatika.
Modifikasi genetik mengarah pada perubahan genetik organisme yang tidak ditemukan di alam, termasuk hibrida (keturunan orang tua dari spesies yang berbeda). Pengembangan ikan transgenik menggunakan teknik DNA rekombinan untuk memasukkan materi genetik dari satu organisme ke dalam genom ikan atau organisme air lainnya.

Kesimpulan : bioinformatika merupakan ilmu terapan dengan teknologi yang mengarah pada rekayasa genetika yang dapat diterapkan di banyak bidang seperti di bidang perikanan,Pada bidang perikanan khususnya budidaya sangat penting karena untuk alternatif pengembangan perikanan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar